Tawassul Kepada Nabi di Hari Mahsyar

Para ulama menegaskan bahwa Rasulullah dinilai sebagai wasilah terbaik untuk seseorang memohon kepada Allah. Hal ini didasarkan kepada kisah masuk Islamnya Sawad bin Qarib. Di mana, saat ia mendatangi Rasulullah untuk mengikrarkan keislamannya, ia melantunkan beberapa syair

ููŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ู – ูˆูŽุฃูŽู†ูŽู‘ูƒูŽ ู…ูŽุฃู’ู…ููˆู’ู†ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุบูŽุงู„ูุจู
ูˆูŽุฃูŽู†ูŽู‘ูƒูŽ ุฃูŽุฏู’ู†ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุฑู’ุณูŽู„ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุณููŠู’ู„ูŽุฉู‹ – ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽุง ุงุจู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ููŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุทูŽุงุฆูุจู
ูˆูŽูƒูู†ู’ ู„ููŠู’ ุดูŽูููŠู’ุนู‹ุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู„ูŽุง ุฐููˆู’ ุดูŽููŽุงุนูŽุฉู – ุณููˆูŽุงูƒูŽ ุจูู…ูุบู’ู†ู ุนูŽู†ู’ ุณูŽูˆูŽุงุฏู ุจู’ู†ู ู‚ูŽุงุฑูุจู

Maka, aku bersaksi bahwa Allah, tiada tuhan selain Ia. Dan sesungguhnya engkau orang terpercaya atas segala kemenangan.
Dan seseungguhnya engkau (Muhammad) adalah wasilah yang terdekat kepada Allah. Wahai putra orang-orang mulia nan baik.
Jadilah engkau sebagai penolong bagiku saat tiada yang dapat memiliki pertolongan. Selain engkau tiada dibutuhkan oleh Sawad bin Qarib

Sawad lalu berkata setelah menyampaikan syairnya

ููŽููŽุฑูุญูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŽุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู ุจูุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ููŠู’ ููŽุฑู’ุญู‹ุง ุดูŽุฏููŠู’ุฏู‹ุง ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุฑูุฆููŠูŽ ูููŠ ูˆูุฌููˆู’ู‡ูู‡ูู…ู’ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽูˆูŽุซูŽุจูŽ ุนูู…ูŽุฑู ููŽุงู„ู’ุชูŽุฒูŽู…ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ูƒูู†ู’ุชู ุฃูุญูุจูู‘ ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุณู’ู…ูŽุนูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู†ู’ูƒูŽ

Rasulullah dan para sahabat sangat senang dengan keislamanku, sebagaimana tampak di wajah-wajah mereka. Kemudian Umar melompat dan merangkulku, seraya berkata: “Sungguh aku senang mendengar ini darimu.”

Kisah di atas dikutip oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir Ibnu Katsir (w. 774 H), al-Hakim dalam al-Mustadrak (w. 405 H), ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir (w. 360 H), al-Baihaqi dalam Dalail an-Nubuwah Abu Nu’am dalam Dalail an-Nubuwah (w. 430 H), Abi Said an-Naqqasy dalam Funun Aja’ib (w. 414 H), Ibnu Katsir dalam as-Sirah an-Nabawiyah (w. 774 H), Abi Ya’la al-Mushili dalam Mu’jam Abi Ya’la al-Mushili (w. 307 H), Ibn Sayyd an-Naas dalam Uyun al-Atsar (w. 734 H), Muhammad ash-Shalihi asy-Syami dalam Subul al-Huda Wa ar-Rasyad (w. 942 H), Shalahuddin ash-Shafadi dalam al-Wafi bi al-Wafiyat (w. 764 H), Ibnu Abdil Barr dalam al-Isti’ab fi Ma’rifah al-Ashhab (w. 463 H), dan al-Mawardi dalam Tafsir an-Nukat Wa al-Uyun (w. 450 H).

Sebagaimana para ulama menilai bahwa tawassul kepada Nabi merupakan cara terbaik untuk berwasilah memohon ampunan kepada Allah atas setiap dosa. Imam Ibnu al-Hajj al-Abdari al-Maliki (w. 737 H) berkata

ููŽุงู„ุชูŽู‘ูˆูŽุณูู‘ู„ู ุจูู‡ู – ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ู – ู‡ููˆูŽ ู…ูŽุญูŽู„ูู‘ ุญูŽุทูู‘ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุฑู ูˆูŽุฃูŽุซู’ู‚ูŽุงู„ู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽุทูŽุงูŠูŽุง

Bertawassul kepada Nabi merupakan wasilah untuk menghapus setiap beban-beban dosa

Para ulama sepakat bahwa bertawassul melalui syafaat Nabi saw saat di Mahsyar nanti merupakan pokok iman yang wajib diyakini setiap muslim. Dan hal ini menjadi dasar bahwa bertawassul kepada Nabi saw merupakan amalan yang disyariatkan secara mutlak. Apakah saat beliau masih hidup, setelah kematiannya, ataupun nanti setelah kebangkitan.

Artinya, jika bertawassul kepada Nabi saw disyariatkan saat di mahsyar nanti, maka demikian pula pada setiap fase kehidupan manusia, apakah saat Nabi masih hidup di dunia ataupun saat beliau hidup di barzakh.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ูˆูŽุญูุฐูŽูŠู’ููŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ุงูŽ: ู‚ูŽุงู„ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: ูŠูŽุฌู’ู…ูŽุนู ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู…ู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูุฒู’ู„ูŽููŽ ู„ูŽู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูุŒ ููŽูŠูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽ ุขุฏูŽู…ูŽุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ: ูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุงู†ูŽุงุŒ ุงุณู’ุชูŽูู’ุชูุญู’ ู„ูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู: ูˆูŽู‡ูŽู„ู’ ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽูƒูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฎูŽุทููŠุฆูŽุฉู ุฃูŽุจููŠูƒูู…ู’ ุขุฏูŽู…ูŽุŒ ู„ูŽุณู’ุชู ุจูุตูŽุงุญูุจู ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ุงุฐู’ู‡ูŽุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงุจู’ู†ููŠ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุฎูŽู„ููŠู„ู ุงู„ู„ู‡ู “ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ” ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ู: ู„ูŽุณู’ุชู ุจูุตูŽุงุญูุจู ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ูƒูู†ู’ุชู ุฎูŽู„ููŠู„ู‹ุง ู…ูู†ู’ ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽุŒ ุงุนู’ู…ูุฏููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ู…ููˆุณูŽู‰ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูƒูŽู„ูŽู‘ู…ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽูƒู’ู„ููŠู…ู‹ุงุŒ ููŽูŠูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽ ู…ููˆุณูŽู‰ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู: ู„ูŽุณู’ุชู ุจูุตูŽุงุญูุจู ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ุงุฐู’ู‡ูŽุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุนููŠุณูŽู‰ ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฑููˆุญูู‡ูุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุนููŠุณูŽู‰ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: ู„ูŽุณู’ุชู ุจูุตูŽุงุญูุจู ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ููŽูŠูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู…ู ููŽูŠูุคู’ุฐูŽู†ู ู„ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุชูุฑู’ุณูŽู„ู ุงู„ู’ุฃูŽู…ูŽุงู†ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุฑูŽู‘ุญูู…ูุŒ ููŽุชูŽู‚ููˆู…ูŽุงู†ู ุฌูŽู†ูŽุจูŽุชูŽูŠู ุงู„ุตูู‘ุฑูŽุงุทู ูŠูŽู…ููŠู†ู‹ุง ูˆูŽุดูู…ูŽุงู„ู‹ุงุŒ ููŽูŠูŽู…ูุฑูู‘ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ููƒูู…ู’ ูƒูŽุงู„ู’ุจูŽุฑู’ู‚ู ” ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูู„ู’ุชู: ุจูุฃูŽุจููŠ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูˆูŽุฃูู…ูู‘ูŠ ุฃูŽูŠูู‘ ุดูŽูŠู’ุกู ูƒูŽู…ูŽุฑูู‘ ุงู„ู’ุจูŽุฑู’ู‚ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ” ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฑูŽูˆู’ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุจูŽุฑู’ู‚ู ูƒูŽูŠู’ููŽ ูŠูŽู…ูุฑูู‘ ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฌูุนู ูููŠ ุทูŽุฑู’ููŽุฉู ุนูŽูŠู’ู†ูุŸ ุซูู…ูŽู‘ ูƒูŽู…ูŽุฑูู‘ ุงู„ุฑูู‘ูŠุญูุŒ ุซูู…ูŽู‘ ูƒูŽู…ูŽุฑูู‘ ุงู„ุทูŽู‘ูŠู’ุฑูุŒ ูˆูŽุดูŽุฏูู‘ ุงู„ุฑูู‘ุฌูŽุงู„ูุŒ ุชูŽุฌู’ุฑููŠ ุจูู‡ูู…ู’ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู†ูŽุจููŠูู‘ูƒูู…ู’ ู‚ูŽุงุฆูู…ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตูู‘ุฑูŽุงุทู ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ุฑูŽุจูู‘ ุณูŽู„ูู‘ู…ู’ ุณูŽู„ูู‘ู…ู’ุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽุนู’ุฌูุฒูŽ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฌููŠุกูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ุชูŽุทููŠุนู ุงู„ุณูŽู‘ูŠู’ุฑูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฒูŽุญู’ูู‹ุง “ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽูููŠ ุญูŽุงููŽุชูŽูŠู ุงู„ุตูู‘ุฑูŽุงุทู ูƒูŽู„ูŽุงู„ููŠุจู ู…ูุนูŽู„ูŽู‘ู‚ูŽุฉูŒ ู…ูŽุฃู’ู…ููˆุฑูŽุฉูŒ ุจูุฃูŽุฎู’ุฐู ู…ูŽู†ู ุงูู…ูุฑูŽุชู’ ุจูู‡ูุŒ ููŽู…ูŽุฎู’ุฏููˆุดูŒ ู†ูŽุงุฌูุŒ ูˆูŽู…ูŽูƒู’ุฏููˆุณูŒ ูููŠ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณู ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ ู‚ูŽุนู’ุฑูŽ ุฌูŽู‡ูŽู†ูŽู‘ู…ูŽ ู„ูŽุณูŽุจู’ุนููˆู†ูŽ ุฎูŽุฑููŠูู‹ุง (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

Dari Abu Hurairah dan Hudzaifah, keduanya berkata: Rasulullah saw bersabda: “Kelak di hari Akhir Allah Ta’ala akan mengumpulkan semua manusia. Lalu orang-orang mukmin bangkit, dan surga telah didekatkan kepada mereka. Mereka mendatangi Nabi Adam seraya berkata, ‘Wahai ayah kami, mohonkanlah agar pintu surga segera dibukakan untuk kami.’

Adam menjawab, ‘(Aku tidak pantas memintakan hal ini untuk kalian), bukankah yang mengeluarkan kalian adalah karena kesalahan bapak kalian dari surga ini? Pergilah kalian dan mintalah kepada anakku Ibrahim Khalilullah’. Rasulullah bersabda: “Lalu Ibrahim menjawab, ‘Aku tidak pantas memintakan hal ini untuk kalian, aku hanyalah seorang Khalil (kekasih) yang di depannya masih ada beberapa orang kekasih. Mintalah kepada Musa yang pernah diajak berbicara oleh Allah dalam sebuah percakapan’.

Maka mereka pun mendatangi Musa, namun dia juga berkata, ‘Aku tidak pantas memintakan hal ini untuk kalian. Mintalah kepada Nabi Isa yang telah diciptakan dengan Kalimat Allah dan ditiupkan daripada-Nya’. Tapi Nabi Isa juga menolak seraya berkata, ‘Aku tidak pantas memintakan hal ini untuk kalian.’ Maka mereka pun mendatangi Nabi Muhammad.”

Kemudian dia (muhammad) berdiri dan dibukakanlah pintu untuknya, kemudian diutuslah amanah dan silaturrahim hingga keduanya berdiri di kedua tepi shirath (jembatan), kanan dan kiri

Lalu orang yang paling cepat dari kalian saat melewati shirath adalah seperti kilat.”Aku (Abu Hurairah) berkata, ‘Ayah dan ibuku sebagai tebusanmu, secepat kilat bagaimana maksud tuan?” Beliau menjawab, ‘Tidakkah kamu melihat bagaimana kilat itu berlalu dan kembali lagi dengan sekejap mata?’ Kemudian yang kedua secepat hembusan angin, lalu secepat burung terbang, lalu ada juga orang yang berlari dengan kencang di atasnya disebabkan oleh amal kebajikannya.

Ketika itu Nabi kalian berdiri di dekat shirath, dan selalu mendoakan, “Wahai Rabbku, selamatkanlah dia, selamatkanlah dia”. Sampai pada hamba-hamba yang amalannya sangat sedikit, hingga ada seorang lelaki yang datang dan tidak dapat menapaki shirath itu kecuali dengan merangkak

Sedang pada kedua sisinya terdapat rangkaian besi tajam yang tergantung dan akan mengambil setiap orang yang diperintahkan untuk diambil, hingga ada orang yang selamat tapi tubuhnya tercabik-cabik, dan ada pula orang yang akhirnya terlempar ke dalam api neraka. Dan Demi Dzat yang jiwa Abu Hurairah ada di tangan-Nya, sesungguhnya dasarnya neraka itu dapat dicapai dengan perjalanan tujuh puluh tahun lamanya”. (HR. Muslim)

Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki berkata dalam kitabnya, Mafahim Yajibu an Tushohhah “Seandainya seorang pakar fiqh tidak menemukan dalil atas keabsahan tawassul dan memohon bantuan kepada beliau sesudah wafat kecuali dianalogikan dengan tawassul dan memohon bantuan kepada beliau sewaktu masih hidup, niscaya hal ini cukup

Karena beliau hidup di dunia dan akhirat, senantiasa memberikan perhatian kepada ummatnya, mengatur urusan-urusan umatnya atas seizin Allah, mengetahui kondisi umatnya, disampaikan kepadanya shalawat dari umatnya yang menyampaikan shalawat dan sampai kepada beliau salam mereka meskipun jumlah mereka banyak.

Orang yang pengetahuannya luas mengenai arwah dan keistimewaan yang dimilikinya, apalagi arwah orang-orang yang luhur, maka hatinya lapang untuk mengimani kehidupan arwah di alam barzakh. Lalu bagaimana dengan ruh dari segala arwah dan cahaya dari segala cahaya, yakni Nabi kita Muhammad.

Seandainya memohon syafaat, meminta bantuan atau tawassul dengan beliau dikategorikan syirik dan kufur sebagaimana anggapan mereka, maka hal itu tidak akan dibolehkan dalam kondisi apapun, baik dalam kehidupan dunia, akhirat, pada hari kiamat atau sebelumnya. Karena tindakan syirik dimurkai Allah dalam situasi apapun.

Bagikan artikel ini ke :