Para ulama sepakat bahwa tawassul yang dilarang adalah penyembahan kepada selain Allah SWT, dengan berlindung kepada tameng tawassul dengan menjadikan sesembahan itu sebagai wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Syaikh Abdul Fattah bin Shalih Qudaisy al-Yafi’ menjelaskan tawassul haram ini dalam kitab al-Manhajiyyah al-Ammah fi alโAqidah wa as-Suluk wa al-I’lam bi Anna al-Asy’ariyyah wa al-Maturidiyyah min Ahlis Sunnah,
ุงูุชูุณู ุงูู ู ููุน ุจุงุชูุงู ูู: ุนุจุงุฏุฉ ุบูุฑ ุงููู ุชุนุงูู ุจุญุฌุฉ ุฃู ุงูู ุนุจูุฏ ู ู ุฏูู ุงููู ุณูุดูุน ูู ู ุนุจุฏู ุนูุฏ ุงููู.
Tawassul terlarang yang disepakati adalah penyembahan kepada selain Allah swt dengan alasan bahwa sesembahan selain Allah tersebut dapat memberikan bantuan kepada penyembahnya di sisi Allah.
Tawassul inilah yang dilakukan orang-orang musyrik, yang pada hakikatnya bukanlah tawassul, namun penyembahan kepada selain Allah swt. Di mana, Allah sendiri menolak perbuatan ini sebagai tawassul. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam QS. az-Zumar, ayat 3:
ุฃูููุง ููููููู ุงูุฏููููู ุงููุฎูุงููุตู ููุงูููุฐูููู ุงุชููุฎูุฐููุง ู ููู ุฏูููููู ุฃูููููููุงุกู ู ูุง ููุนูุจูุฏูููู ู ุฅููููุง ููููููุฑููุจููููุง ุฅูููู ุงูููููู ุฒูููููู ุฅูููู ุงูููููู ููุญูููู ู ุจูููููููู ู ููู ู ูุง ููู ู ููููู ููุฎูุชูููููููู ุฅูููู ุงูููููู ููุง ููููุฏูู ู ููู ูููู ููุงุฐูุจู ูููููุงุฑู
Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya”. Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar. (QS. az-Zumar: 3)
Dalam ayat ini, Allah tegas mengatakan bahwa argumentasi para penyembah berhala bahwa berhala tersebut semata sebagai wasilah untuk menyembah Allah, sebagai kedustaan belaka. Sebab, pada dasarnya mereka betul-betul telah menyembah selain Allah dan menjadikan selain Allah sebagai sekutu dan tandingan bagi Allah.
Syaikh Wahbah az-Zuhaili dalam tafsirnya at-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa asy-Syariah wa al-Manhaj, menerangkan makna ayat tersebut
ุงุนุชู ุฏ ุงูู ุดุฑููู ูู ุนุจุงุฏุชูู ุงูุฃุตูุงู ูุงุชุฎุงุฐูุง ุดูุนุงุก ุนูุฏ ุงููู ุนูู ููู ูุง ูุนุชู ุฏ ุฃุตูุง ุนูู ุฃุณุงุณ ู ูุจูู ู ู ุงูุนูู ูุงููููุ ุฅุฐ ููู ูุนูู ุฃู ุชููู ุงูุฃุตูุงู ูุงูุฌู ุงุฏุงุช ูุณููุฉ ุชูุฑุจ ุฅูู ุงูููุ ููุฐูู ูุง ูุนูู ุฃู ุชููู ูุฐู ุงูุฃุตูุงู ุชู ุงุซูู ุงูููุงูุจ ุฃู ุชู ุงุซูู ุงูุฃุฑูุงุญ ุงูุณู ุงููุฉุ ุฃู ุชู ุงุซูู ุงูุฃูุจูุงุก ูุงูุตุงูุญูู ุงูุฐูู ู ุถูุงุ ููููู ุงูู ูุตูุฏ ู ู ุนุจุงุฏุชูุง ุชูุฌูู ุชูู ุงูุนุจุงุฏุงุช ุฅูู ู ู ุฌุนูุช ุชู ุงุซูู ููุงุ ูุฃู ูุฐู ุงูู ุฎูููุงุช ุนุงุฌุฒุฉ ุนู ุฌูุจ ุงูุฎูุฑ ูููุณูุง ุฃู ุฏูุน ุงูุถุฑ ุนููุงุ ูููู ุชุญูู ุฐูู ูุบูุฑูุงุ!!
Orang-orang musyrik bersandar dalam penyembahan mereka kepada berhala serta menjadikan berhala sebagai pemberi syafaat di sisi Allah, atas sandaran yang dibuat-buat. Di mana hakikatnya bukanlah sandaran yang memiliki dasar yang diterima oleh akal dan agama. Sebab, tidaklah masuk akal jika berhala dan benda mati tersebut dijadikan sebagai wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah?.
Sebagaimana tidak masuk akal jika berhala ini dianggap sebagai penampakan ruh-ruh di langit atau penampakan para Nabi dan orang-orang shalih yang telah wafat. Dan karenanya, maksud dari ibadah tersebut hakikatnya adalah betul menghadapkan ibadah tersebut kepada berhala, yang tidak bisa memberi manfaat untuk diri mereka atau mencegah kemudaratan. Lantas, bagaimana kemudian berhala tersebut dapat memberi manfaat untuk selainnya?!!!
Dalam ayat lainnya, Allah menjelaskan tawassul terlarang ini:
ููููุนูุจูุฏูููู ู ููู ุฏูููู ุงูููููู ู ูุง ููุง ููุถูุฑููููู ู ููููุง ููููููุนูููู ู ูููููููููููู ููุคูููุงุกู ุดูููุนูุงุคูููุง ุนูููุฏู ุงูููููู ูููู ุฃูุชูููุจููุฆูููู ุงูููููู ุจูู ูุง ููุง ููุนูููู ู ููู ุงูุณููู ูุงููุงุชู ููููุง ููู ุงููุฃูุฑูุถู ุณูุจูุญูุงูููู ููุชูุนูุงููู ุนูู ููุง ููุดูุฑูููููู
Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: “Mereka itu adalah pemberi syafa’at kepada kami di sisi Allah”. Katakanlah: “Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?” Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu). (QS. Yunus: 18)