Sholat 100 Rakaat pada Malam Nishfu Sya’ban

Salah satu yang dikerjakan para ulama pada malam nishfu Sya’ban adalah berdoa. Imam Baihaqi (w. 458 H) meriwayatkan hadis dari Ibnu Umar bahwa ada 5 malam yang termasuk malam dikabulkannya doa. Sebagaimana riwayat:

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฎูŽู…ู’ุณู ู„ูŽูŠูŽุงู„ู ู„ูŽุง ูŠูุฑูŽุฏูู‘ ูููŠู‡ูู†ูŽู‘ ุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุกู: ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฌูŽุจูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ุนููŠุฏู ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูŽู‘ุญู’ุฑู

Dari Ibnu Umar berkata: 5 malam yang mana doa tidak akan ditolak, malam jum’at, malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, malam idul fitri, malam idul adha.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Imam Syafi’i (w. 204 H). Beliau menyebutkan hampir persis seperti yang disampaikan oleh Ibnu Umar. Sebagaimana Imam Syafi’i sampaikan dalam kitabnya al-Umm:

ูˆูŽุจูŽู„ูŽุบูŽู†ูŽุง ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูู‚ูŽุงู„ู: ุฅู†ูŽู‘ ุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุกูŽ ูŠูุณู’ุชูŽุฌูŽุงุจู ูููŠ ุฎูŽู…ู’ุณู ู„ูŽูŠูŽุงู„ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉูุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽุถู’ุญูŽู‰ุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ููุทู’ุฑูุŒ ูˆูŽุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฌูŽุจูุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ… (ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุงููุนููŠูู‘) : ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุณู’ุชูŽุญูุจูู‘ ูƒูู„ูŽู‘ ู…ูŽุง ุญููƒููŠูŽุชู’ ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ูŠูŽุงู„ููŠู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ููŽุฑู’ุถู‹ุง.

Imam Syafi’i berkata: Telah sampai kepada kami bahwa doa akan dikabulkan pada 5 malam; malam jumโ€™at, malam iduul adha, malam idul fitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nishfu Sya’ban. Imam Syafi’i berkata: Saya menyukai apa saja yang dikabarkan tentang malam-malam ini, meski tidak fardhu.

Sebagian masyarakat ada yang sebelum berdoa di malam nishfu Sya’ban, mereka membaca Surat Yasin terlebih dahulu. Hal itu hanya kebiasaan saja bagi sebagian kalangan, dan urutan dzikir dari para ulama ahli kebaikan untuk mereka sendiri. Hal itu tak masalah. Sebagaimana diungkapkan oleh Muhammad bin Muhammad Darwisy as-Syafi’i (w. 1277 H), dalam kitabnya Asna al-Mathalib fi Ahadits Mukhtalifat al-Maratib:

ูˆูŽุจูุงู„ู’ุฌูู…ู’ู„ูŽุฉู ููŽุนุฏูŽู‘ุฉ ู…ูŽุง ูˆุฑุฏ ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉ ู†ุตู ุดุนู’ุจูŽุงู† ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ููŽุถู„ู‡ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุฐูƒุฑู‡ ุฃู‡ู„ ุงู„ู’ุนู„ู…ุŒ ูˆูŽุฃู…ุง ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉ ุณููˆุฑูŽุฉ ูŠุณ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชู‡ูŽุง ุจุนุฏ ุงู„ู’ู…ุบุฑุจุŒ ูˆูŽุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุก ุงู„ู’ู…ูŽุดู’ู‡ููˆุฑ ููŽู…ู† ุชูŽุฑู’ุชููŠุจ ุจุนุถ ุฃู‡ู„ ุงู„ุตู‘ู„ุงุญ ู…ู† ุนูู†ู’ุฏ ู†ูŽูุณู‡ ู‚ูŠู„: ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุจูˆู†ููŠุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณ ุจูู…ุซู„ ุฐูŽู„ููƒ

Sejumlah hadis tentang keutamaan malam nishfu Sya’ban menunjukkan bahwa memang malam itu benar-benar memiliki keutamaan. Adapun membaca Surat Yasin setelah maghrib pada malam Nishfu Sya’ban, dilanjutkan dengan doa yang masyhur, maka itu termasuk urutan yang dibuat oleh para ulama ahli kebaikan untuk diri mereka sendiri. Hal itu tidaklah bermasalah.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghidupkan malam nishfu Sya’ban adalah dengan sholat. Sholat apakah yang dikerjakan pada malam nishfu Sya’ban? Sebenarnya tak ada arahan khusus dari Nabi dan para ulama untuk sholat apa. Artinya mau sholat apa saja, asalkan termasuk sholat yang disunnahkan maka silahkan dikerjakan. Hanya saja ada sholat yang diperselisihkan kesunnahannya. Sholat itu dikenal dengan nama sholat khair.

Ulama berbeda pendapat tentang jenis sholat ini, yaitu sholat 100 rakaat, dimana setiap rakaat setelah membaca surat al-Fatihah, membaca Surat al-Ikhlas 10 kali. Dalam mazhab Syafi’i sendiri, ada ulama yang menganggap itu bid’ah yang tercela, adapula yang menyatakan itu sunnah. Kamaluddin Muhammad bin Musa Abu al-Biqa as-Syafi’i (w. 808 H), dalam kitabnya an-Najm al-Wahhaj menyebutkan bahwa sholat itu dianggap sunnah oleh Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya’ Ulumiddin. Beliau menyebutkan:

ุตู„ุงุฉ ู„ูŠู„ุฉ ู†ุตู ุดุนุจุงู† ูˆู‡ูŠ: ู…ุฆุฉ ุฑูƒุนุฉ ูŠู‚ุฑุฃ ููŠ ูƒู„ ุฑูƒุนุฉ ุจุนุฏ (ุงู„ูุงุชุญุฉ) ุณูˆุฑุฉ (ุงู„ุฅุฎู„ุงุต) ุนุดุฑู‹ุง. ู‚ุงู„ ููŠ (ุงู„ุฅุญูŠุงุก): ุชุณุชุญุจ ุฃูŠุถู‹ุง. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุตู†ู: ุฅู†ู‡ู…ุง ุจุฏุนุชุงู† ู…ุฐู…ูˆู…ุชุงู† ู‚ุจูŠุญุชุงู†ุŒ ูˆุณุจู‚ู‡ ุฅู„ู‰ ุฅู†ูƒุงุฑ ุฐู„ูƒ ุงู„ุดูŠุฎ ุนุฒ ุงู„ุฏูŠู†ุŒ ูˆุงูุชู‰ ุงู„ุตู„ุงุญ ุจุงุณุชุญุจุงุจู‡ู…ุง

Sholat malam nisfu Sya’ban yaitu 100 rakaat, setiap rakaat setelah al-Fatihah membaca al-Ikhlas 10 kali. (Imam Ghazali) dalam Ihya menyebutkan itu sunnah. Sedangkan al-mushannif (an-Nawawi) itu bid’ah yang tercela. Izzuddin telah terlebih dahulu menginkarinya tapi as-Sholat mensunnahkannya

Memang benar, Imam an-Nawawi (w. 676 H) dalam kitabnya al-Majmu’ beliau menuliskan:

ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆููŽุฉู ุจุตู„ุงุฉ ุงู„ุฑุบุงุฆุจ ูˆู‡ูŠ ุซู†ุชู‰ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ุชูุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจู ูˆูŽุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ุฌูู…ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฑูŽุฌูŽุจู ูˆูŽุตูŽู„ูŽุงุฉู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู†ูุตู’ูู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู ูˆูŽู‡ูŽุงุชูŽุงู†ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุชูŽุงู†ู ุจูุฏู’ุนูŽุชูŽุงู†ู ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูŽุงู†ู ู‚ูŽุจููŠุญูŽุชูŽุงู†ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุบู’ุชูŽุฑูู‘ ุจูุฐูŽูƒูŽุฑูู‡ูู…ูŽุง ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจู ู‚ููˆุชู ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ูˆูŽุฅูุญู’ูŠูŽุงุกู ุนูู„ููˆู…ู ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ู ูˆูŽู„ูŽุง ุจูุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ูƒููˆุฑู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ููŽุฅูู†ูŽู‘ ูƒูู„ูŽู‘ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูŽุงุทูู„ูŒ

Sholat yang dikenal dengan sholat raghaib, yaitu 12 rakaat yang dilakukan diantara maghrib dan isya pada malam jum’at pertama bulan Rajab, dan sholat pada malam nishfu Sya’ban sebanyak 100 rakaat, itu termasuk sholat yang bid’ah yang jelek dan munkar. Jangan tertipu karena disebutkan dalam kitab Qut al-Qulub dan Ihya Ulum ad-Din serta hadis-hadis yang disebutkan tentang hal itu. Semuanya hadisnya batil.

Imam Ghazali (w. 505 H) dalam kitabnya Ihya Ulum ad-Din memang menyebutkan:

ูˆู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ูููŠู‡ุง ู…ุงุฆุฉ ุฑูƒุนุฉ ูŠู‚ุฑุฃ ููŠ ูƒู„ ุฑูƒุนุฉ ุจุนุฏ ุงู„ูุงุชุญุฉ ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุฅุฎู„ุงุต ุนุดุฑ ู…ุฑุงุช ูƒุงู†ูˆุง ู„ุง ูŠุชุฑูƒูˆู†ู‡ุง

Malam Nishfu Sya’ban di dalamnya ada sholat 100 rakaat, setelah baca al-Fatihah baca Surat al-Ikhlas 10 kali, mereka tidak pernah meninggalkannya.

Selain Imam Ghazali (w. 505 H), Syeikh Abdul Qadir al-Jilani (w. 561 H) termasuk ulama yang mensunnahkannya. Beliau menyebutkan dalam kitabnya al-Ghunyah:

ูุฃู…ุง ุงู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ ููŠ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ูู‡ูŠ: ู…ุงุฆุฉ ุฑูƒุนุฉ ุจุฃู„ู ุฑูƒุนุฉ {ู‚ู„ ู‡ูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃุญุฏ …} ููŠ ูƒู„ ุฑูƒุนุฉ ุนุดุฑ ู…ุฑุงุชุŒ ูˆุชุณู…ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆุชุนุฑู ุจุฑูƒุชู‡ุง. ูˆูƒุงู† ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ ูŠุตู„ูˆู†ู‡ุง ุฌู…ุงุนุฉ ูŠุฌุชู…ุนูˆู† ู„ู‡ุงุŒ ูˆููŠู‡ุง ูุถู„ ูƒุซูŠุฑ ูˆุซูˆุงุจ ุฌุฒูŠู„

Sholat yang ada pada malam nishfu Sya’ban adalah sholat 100 rakaat dengan 1000 al-Ikhslas. Setiap rakaat dibaca 10 kali. Sholat ini disebut sholat khair, dan telah diketahui keberkahannya. Para ulama salaf banyak yang melakukannya dengan berjamaah, mereka berkumpul untuk melakukannya. Di dalamnya ada anugerah yang banyak dan pahala yang banyak.

Abu Thalib al-Makki (w. 386 H) sebelumnya juga menyebutkan bahwa ada kesunnahan sholat 100 rakaat ini. Beliau menyebutkan:

ูˆู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ูˆู‚ุฏ ูƒุงู†ูˆุง ูŠุตู„ูˆู† ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ู…ุงุฆุฉ ุฑูƒุนุฉ ุจุฃู„ู ู…ุฑุฉ: ู‚ู„ ู‡ูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃุญุฏ ุนุดุฑุงู‹ ููŠ ูƒู„ ุฑูƒุนุฉ ูˆูŠุณู…ูˆู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆูŠุชุนุฑููˆู† ุจุฑูƒุชู‡ุง ูˆูŠุฌุชู…ุนูˆู† ููŠู‡ุง ูˆุฑุจู…ุง ุตู„ูˆู‡ุง ุฌู…ุงุนุฉ

Malam Nishfu Sya’ban, mereka (para ulama) telah melakukan sholat pada malam ini 100 rakaat dengan 1000 surat al-Ikhlas, setiap rakaat dibaca 10 kali. Mereka menyebutnya dengan sholat kebaikan, mereka mengetahui keberkahannya, mereka berkumpul dan kadang mereka sholat berjamaah.

Tak heran, Muhammad bin Ishaq al-Fakihani (w. 272 H), dalam kitabnya Akhbar Makkah fi Qadim ad-Dahr wa Haditsihi, kabar-kabar tentang Makkah di masa lalu dan sekarang, itu pula yang dilakukan oleh beberapa orang di Makkah saat itu. Beliau menyebutkan:

ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ู ู…ูŽูƒูŽู‘ุฉูŽ ูููŠู…ูŽุง ู…ูŽุถูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽุŒ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽุงู…ูŽู‘ุฉู ุงู„ุฑูู‘ุฌูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูุŒ ููŽุตูŽู„ูŽู‘ูˆู’ุงุŒ ูˆูŽุทูŽุงูููˆุงุŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ูŠูŽูˆู’ุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุงู„ุตูŽู‘ุจูŽุงุญูŽ ุจูุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ูุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฎู’ุชูู…ููˆุง ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ูƒูู„ูŽู‘ู‡ูุŒ ูˆูŽูŠูุตูŽู„ูู‘ูˆุงุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู ุจูุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูุŒ ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุนูŽุดู’ุฑูŽ ู…ูŽุฑูŽู‘ุงุชูุŒ ูˆูŽุฃูŽุฎูŽุฐููˆุง ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุกู ุฒูŽู…ู’ุฒูŽู…ูŽ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽุฉูŽุŒ ููŽุดูŽุฑูุจููˆู‡ูุŒ ูˆูŽุงุบู’ุชูŽุณูŽู„ููˆุง ุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุฎูŽุจูŽู‘ุคููˆู‡ู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ู„ูู„ู’ู…ูŽุฑู’ุถูŽู‰ุŒ ูŠูŽุจู’ุชูŽุบููˆู†ูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉูŽ ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูุฑู’ูˆูŽู‰ ูููŠู‡ู ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ูƒูŽุซููŠุฑูŽุฉูŒ

Jika malam Nishfu Sya’ban hampir kebanyakan mereka, baik laki-laki maupun perempuan itu keluar rumah menuju masjid. Mereka sholat, thawaf, menghidupkan malam itu sampai pagi, dengan membaca Al-Qur’an di dalam Masjid al-Haram, sampai mereka mengkhatamkan Al-Qur’an.

Mereka sholat malam itu, diantara mereka ada yang sholat 100 rakaat, membaca Surat al-Fatihah dan al-Ikhlas setiap rakaat sebanyak 10 kali. Mereka mengambil air zamzam malam itu, mereka meminumnya, mandi dengannya dan menyiramkan kepada orang yang sakit, mencari keberkahan malam itu. Banyak juga hadis diriwayatkan tentang malam itu.

Terlepas dari perdebatan kesunnahan sholat 100 rakaat ini, sholat secara umum pada malam nishfu Sya’ban termasuk salah satu amalan yang bisa dikerjakan untuk menghidupkan malam ini. Malam nishfu Sya’ban adalah malam yang utama, maka sepatutnya diisi dengan hal-hal yang utama juga, mulai dari berdzikir, berdoa, membaca Al-Qur’an, sholat dan lainnya. Jika ada hadis dhaif atau maudhu’ terkait salah satu ibadah yang disunnahkan dalam rangka menghidupkan malam nishfu Sya’ban, bukan berarti menghilangkan kesunnahan untuk menghidupkan malam itu dengan kebaikan dan ibadah.

Bagikan artikel ini ke :