Umumnya di Indonesia saat bulan Ramadhan aktivitas perkantoran maupun pendidikan tidak libur, sehingga aktivitas di bulan ramadhan hampir sama dengan aktivitas pada hari-hari sebelumnya, hanya saja sebisa mungkin selain tugas pokok dan kewajiban kerja yang harus dikerjakan tentunya kita juga perlu menyusun rencana penambahan aktivitas ibadah-ibadah lainnya guna memaksimalkan peluang merebut banyak pahal di bulan Ramadhan.
ููููู ุนูู ููู ุงุจููู ุขุฏูู ู ููุถูุงุนููู ุงููุญูุณูููุฉู ุนูุดูุฑู ุฃูู ูุซูุงููููุง ุฅูููู ุณูุจูุนูู ูุงุฆูุฉู ุถูุนููู ููุงูู ุงูููููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ุฅููุงูู ุงูุตููููู ู ููุฅูููููู ููู ููุฃูููุง ุฃูุฌูุฒูู ุจููู ููุฏูุนู ุดูููููุชููู ููุทูุนูุงู ููู ู ููู ุฃูุฌูููู ูููุตููุงุฆูู ู ููุฑูุญูุชูุงูู ููุฑูุญูุฉู ุนูููุฏู ููุทูุฑููู ููููุฑูุญูุฉู ุนูููุฏู ููููุงุกู ุฑูุจูููู. ููููุฎูููููู ููููู ุฃูุทูููุจู ุนูููุฏู ุงูููููู ู ููู ุฑููุญู ุงููู ูุณููู
Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman: Kecuali puasa. Puasa itu adalah untukKu. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karenaKu. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. (HR. Bukhari dan Muslim)
ูุง ุฃููุง ุงููุงุณ ูุฏ ุฃุธููู ุดูุฑ ุนุธูู ุ ุดูุฑ ููู ูููุฉ ุฎูุฑ ู ู ุฃูู ุดูุฑุ ุฌุนู ุงููู ุตูุงู ู ูุฑูุถุฉุ ูููุงู ูููู ุชุทูุนุงุ ู ู ุชูุฑุจ ููู ุจุฎุตูุฉ ู ู ุงูุฎูุฑ ูุงู ูู ู ุฃุฏู ูุฑูุถุฉ ููู ุง ุณูุงูุ ูู ู ุฃุฏู ููู ูุฑูุถุฉ ูุงู ูู ู ุฃุฏู ุณุจุนูู ูุฑูุถุฉ ููู ุง ุณูุงู
Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan yang didalamya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.(HR. Ibnu Khuzaimah)
Beberapa aktivitas ibadah yang bisa dimaksimalkan selama siang Ramadhan ialah duduk di masjid hingga matahari terbit.
Ketika shalat subuh berjemaah di masjid, jika memang tidak terlalu terburu-buru, maka baik juga jika bertahan sebentar di masjid, mendengarkan kajian subuh atau membaca Al-Quran atau berdzikir sebanyak-banyaknya hingga waktu duha masuk, kemudian shalat dua rakaat, lalu pulang.
ู ููู ุตููููู ุงููุบูุฏูุงุฉู ููู ุฌูู ูุงุนูุฉู ุซูู ูู ููุนูุฏู ููุฐูููุฑู ุงูููููู ุญูุชููู ุชูุทูููุนู ุงูุดููู ูุณู ุซูู ูู ุตููููู ุฑูููุนูุชููููู ููุงููุชู ูููู ููุฃูุฌูุฑู ุญูุฌููุฉู ููุนูู ูุฑูุฉู ุชูุงู ููุฉู ุชูุงู ููุฉู ุชูุงู ููุฉู
Siapa shalat Shubuh dengan berjama’ah, lalu duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lalu shalat dua raka’at, maka baginya seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna , sempurna. (HR. Tirmidzi)
Diantara hal yang bagus untuk diagendakan selama ramadhan adalah target pencapain membaca Al-Quran, tentunya dengan tetap memberikan hak-hak huruf dalam membaca, juga membaguskan bacaan dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah tajwid yang ada.
Aktivitas tadarus Al-Quran yang biasanya rutin dilakukan oleh jamaah-jamaah di masjid baik yang bersifat individu atau berkelompok biasanya mempunyai target harus khatam (tamat), memang tidak ada kewajiban mengkhatamkan Al-Quran pada bulan ramadhan, namun aktitas ini tentunya sangat baik untuk dilakukan.
Ada banyak riwayat yang menyebutkan tentang keutamaan mengkhatamkan Al-Quran, walaupun banyak juga riwayat-riwayat tersebut dikritisi oleh para ulama terkait kualitas haditsnya, namun gabungan dari semuanya bolehlah kita ambil secara umum untuk motivasi kita dalam amal baik ini. Berikut beberapa riwayat dari sunan Ad-Darimi
ุนููู ููุชูุงุฏูุฉูุ ุนููู ุฒูุฑูุงุฑูุฉู ุจููู ุฃููููููุ ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุณูุฆููู: ุฃูููู ุงููุนูู ููู ุฃูููุถูููุ ููุงูู: ุงููุญูุงููู ุงููู ูุฑูุชูุญููู . ููููู: ููู ูุง ุงููุญูุงููู ุงููู ูุฑูุชูุญูููุ ููุงูู: ุตูุงุญูุจู ุงููููุฑูุขูู ููุถูุฑูุจู ู ููู ุฃูููููู ุงููููุฑูุขูู ุฅูููู ุขุฎูุฑูููุ ููู ููู ุขุฎูุฑููู ุฅูููู ุฃููููููููุ ูููููู ูุง ุญููููุ ุงุฑูุชูุญููู
Dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, bahwa nabi Muhammad ditanya: “Pekerjaan apakah yang paling utama?”, beliau bersabda: “al-Hal al-Murtahil”, dikatakan: “Apa itu al-Hal al Murtahil?”, beliau bersabda: “Seseorang yang membaca Al-Quran dari awal hingga akhir, dan dari akhir hingga awal, setiap kali selesai dia mulai melanjutkan bacaannya”
ู ููู ุดูููุฏู ุงููููุฑูุขูู ุญูููู ููููุชูุญูุ ููููุฃููููู ูุง ุดูููุฏู ููุชูุญูุง ููู ุณูุจูููู ุงููููููุ ููู ููู ุดูููุฏู ุฎูุชูู ููู ุญูููู ููุฎูุชูู ูุ ููููุฃููููู ูุง ุดูููุฏู ุงููุบูููุงุฆูู ู ุญูููู ุชูููุณูู ู
Barang siapa yang menyaksikan Al-Quran ketika mulai dibuka/dibaca, maka seakan-akan dia menyaksikan perang dijalan Allah, dan barang siapa yang menyaksikan khatam Al-Quran maka seakan-akan dia menyakiskan harta ghonimah ketika dibagikan
ุนููู ููุชูุงุฏูุฉูุ ููุงูู: ููุงูู ุฑูุฌููู ููููุฑูุฃู ููู ู ูุณูุฌูุฏู ุงููู ูุฏููููุฉูุ ููููุงูู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุฏู ููุถูุนู ุนููููููู ุงูุฑููุตูุฏูุ ููุฅูุฐูุง ููุงูู ููููู ู ุฎูุชูู ูููุ ููุงู ู ููุชูุญูููููู ุฅููููููู
Dari Qatadah: “Dahulu kala ada seseorang yang membaca Al-Quran dari awal hingga akhir dihadapan sahabatnya, lalu Ibnu Abbas mengutus seseorang untuk terus mengintai mereka, sehingga ketika mereka sudah mau khatam Ibnu Abbas ra hadir bersama mereka”
ุนููู ุนูุจูุฏูุฉูุ ููุงูู: ุฅูุฐูุง ุฎูุชูู ู ุงูุฑููุฌููู ุงููููุฑูุขูู ุจูููููุงุฑูุ ุตููููุชู ุนููููููู ุงููู ูููุงุฆูููุฉู ุญูุชููู ููู ูุณูููุ ููุฅููู ููุฑูุบู ู ููููู ููููููุงุ ุตููููุชู ุนููููููู ุงููู ูููุงุฆูููุฉู ุญูุชููู ููุตูุจูุญู
Dari Abdah berkata: “Jika seseorang mengkhatamkan Al-Quran pada siang hari maka Malaikat akan mendoakannya hingga sore hari, dan jika dia menyelesaikannya ketika malam, maka Malaikat akan mendoakannya hingga subuh”
Sebagian dari riwayat berikut kami sarikan dari kitab Fadhail al-Quran, karya al-Qasim ibn as-Salam dan Ibn ad-Dharris
ููุงูู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ู ูุณูุนููุฏู: ู ููู ุฎูุชูู ู ุงููููุฑูุขูู ูููููู ุฏูุนูููุฉู ู ูุณูุชูุฌูุงุจูุฉู
Abdullah bin Masud berkata: “Siapa yang mengkhatamkan Al-Quran maka doanya mustajab”
ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู: ู ููู ุดูููุฏู ุฎูุงุชูู ูุฉู ุงููููุฑูุขูู ููุงูู ููู ููู ุดูููุฏู ุงููุบูููุงุฆูู ู ุญูููู ุชูููุณููู ู
Rasulullah saw bersabda:”Barang siapa yang hadir/menyaksikan khataman Al-Quran maka seakan-akan dia hadir saat pembagian harta ghanimah (harta rampasan perang)”
ููุฃูููููู ููุงูู ููููุงูู: ุฅูุฐูุง ุฎูุชูู ู ุงููููุฑูุขูู ููุฒูููุชู ุงูุฑููุญูู ูุฉู ุนูููุฏู ุฎูุงุชูู ูุชูููุ ุฃููู ุญูุถูุฑูุชู ุงูุฑููุญูู ูุฉู ุนูููุฏู ุฎูุงุชูู ูุชููู
Mujahid, Abdah bin Abi Lubabah dan sebagian yang lainnya mengatakan bahwa dahulu Rasulullah saw pernah bersabda: “Jika khataman Al-Quran turunlah rahmat ketika itu, atau rahmat akan hadir ketika ada khataman Al-Quran”.
ุนููู ู ูุงูููู ุจููู ุฏููููุงุฑูุ ููุงูู: ููุงูู ููููุงูู: ุงุดูููุฏููุง ุฎูุชูู ู ุงููููุฑูุขูู
Dari Malik bin Dinar, berkata, dikatakan bahwa: “Hadirilah/saksikanlah khatman Al-Quran”
Terakhir, Imam At-Thabrani, didalam al-Mu’jam al-Kabir meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda
ู ููู ุตููููู ุตูููุงุฉู ููุฑููุถูุฉู ูููููู ุฏูุนูููุฉู ู ูุณูุชูุฌูุงุจูุฉูุ ููู ููู ุฎูุชูู ู ุงููููุฑูุขูู ูููููู ุฏูุนูููุฉู ู ูุณูุชูุฌูุงุจูุฉู
Barang siapa yang selesai melaksanakn shalat fardu maka baginya doa yang mustajab, dan barang siapa yang selesai membaca Al-Quran maka baginya juga doa yang mustajab
Ada hal yang menarik dari sahabat Rasulullah saw yang bernama Anas bin Malik, bahwa setiap kali beliau hendak mengkhatamkan Al-Quran beliau selalu mengumpulkan keluarganya, baik istri, anak-anaknya, dan lainnya, yang demikian beliau lakukan untuk kemudian menutup khataman Al-Quran itu dengan berdoa
dan salah satunya adalah guna mendoakan keluarganya, demikiana banyak meriwayat menyebutkan salah satunya yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani dalam kitabnya al-Mu’jam al-Kabir, juga diriwayatkan oleh imam Al-Baihaqi dalam Syuab Al-Iman
ุญูุฏููุซูููุง ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุนูููููู ุจููู ุดูุนูููุจู ุงูุณููู ูุณูุงุฑูุ ุซูุง ุฎูุงููุฏู ุจููู ุฎูุฏูุงุดูุ ุซูุง ุฌูุนูููุฑู ุจููู ุณูููููู ูุงููุ ุนููู ุซูุงุจูุชูุ ุฃูููู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงููููุ ููุงูู ุฅูุฐูุง ุฎูุชูู ู ุงููููุฑูุขูู ุฌูู ูุนู ุฃููููููู ููููููุฏูููุ ููุฏูุนูุง ููููู ู
Muhammad bin Ali bin Syuaib As-Simsar bercerita kepada kami, Khalid bin Khidasy bercerita kepada kami, Jaโfar bin Sulaiman bercerita kepada kami, dari Tsabit, bahwa sahabat Anas bin Malik ketika mengkhatamkan Al-Quran beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu beliau mendoakan mereka
Menurut Imam Al-Baihaqi, memang ada yang meriwayatkan bahwa cerita diatas sebenarnya sampai kepada Rasululah, namun Imam Al-Baihaqi bisa meyakinkan bahwa riwayat diatas hanya sifatnya mauquf yaitu hanya sampai kepada sahabat Anas bin Malik saja
Dengan demikian, Imam An-Nawawi misalnya dengan bersandarkan kepada perilaku sahabat Anas bin Malik, maka beliau berpendapat bahwa mustahab hukumnya menghadiri majlis khataman Al-Quran Bahkan pakar tafsir kontemporer Syaikh Rasyid Ridho, dalam Tafsir Al-Manar, dengan tegas menyebutkan bahwa mencontoh perilaku sahabat Anas bin Malik tersebut adalah perilaku yang dinilai baik/mustahab.
Alangkah indahnya jika tadarus Al-Quran dengan target membaca Al-Quran hingga khatam ini terus dilanjutkan setelah ramadhan usai.