Malam Nishfu Sya’ban Termasuk Malam Yang Mulia

Salah satu masalah yang rutin diperdebatkan beberapa kalangan umat Islam adalah tentang ada tidaknya fadhilah khusus malam Nishfu Sya’ban, adakah ibadah yang disyariatkan pada malam hari itu, dan bagaimana ulama dari masa dahulu melewati malam Nishfu Sya’ban. Ada sebagian kalangan yang menyambutkannya dengan istimewa, memperbanyak berdzikir, berdo’a, membaca Al-Qur’an, shalat, bersedekah dan amalan baik lainnya. Baik dilakukan sendiri atau berjamaah.

Adapula yang cuek saja dengan malam Nishfu Sya’ban, seperti malam-malam biasanya. Adapula yang melarang mengkhususkan ibadah di malam Nishfu Sya’ban, karena dianggap bid’ah dan hadisnya dhaif. Bahkan adapula yang menganggap ibadah apa saja di malam Nishfu Sya’ban itu salah dan keliru.

Bagaimana sebenarnya hadis tentang kemulian malam Nishfu Sya’ban? Benarkah tidak ada hadis shahihnya? Bagaimana komentar para ahli hadis terhadap status hadisnya? Apa saja pernyataan dari para ulama terkait malam Nishfu Sya’ban? Apa saja yang mereka kerjakan pada malam Nishfu Sya’ban.

Bulan Sya’ban adalah bulan ke delapan dari nama-nama bulan kalender Hijriyah, setelah bulan Rajab dan sebelum Ramadhan. Sirojuddin Ibnu al-Mulaqqin (w. 804 H) menyebutkan bahwa aslinya Sya’ban itu berarti bercabang, memancar dan bertebaran. Dimana dahulu orang Arab ketika bulan ini, mereka berpencar mencari sumber air. Beliau menyebutkan dalam kitabnya at-Taudhih li Syarh al-Jami’ as-Shahih

ุดุนุจุงู† ุณู…ูŠ ุจุฐู„ูƒ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงุจู† ุฏุฑูŠุฏ: ู„ุชุดุนุจู‡ู… ููŠู‡ุŒ ุฃูŠ: ุชูุฑู‚ู‡ู… ููŠ ุทู„ุจ ุงู„ู…ูŠุงู‡. ู‚ุงู„: ูˆุงู„ุดุนุจ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ูˆุงู„ุงูุชุฑุงู‚ุŒ ูˆู„ูŠุณ ู…ู† ุงู„ุฃุถุฏุงุฏ ูˆุฅู†ู…ุง ู‡ูˆ ู„ุบุฉ ุงู„ู‚ูˆู…ุŒ ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ุณูŠุฏู‡: ู„ุชุดุนุจู‡ู… ููŠ ุงู„ุบุงุฑุงุช. ูˆู‚ูŠู„ุ› ู„ุฃู†ู‡ ุดุนุจุŒ ุฃูŠ: ุธู‡ุฑ ุจูŠู† ุฑู…ุถุงู† ูˆุฑุฌุจ

Sya’ban dinamakan begitu sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Duraid: karena bercabang-cabangnya atau berpencarnya mereka (orang arab) untuk mencari air. Sya’bu itu artinya bisa bertemu dan berpencar. Itu bukan antonim, tapi begitulah bahasa suatu kaum. Ibnu Sayyidih berkata: (Sya’ban disebut begitu) karena mereka berpencar untuk peperangan. Dikatakan pula sya’bun diantara Ramadhan dan Rajab.

Ibnu Hajar al-Asqalani (w. 852 H) menyampaikan hal yang mirip. Beliau menyebutkan:

ูˆูŽุณูู…ูู‘ูŠูŽ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ู„ูุชูŽุดูŽุนูู‘ุจูู‡ูู…ู’ ูููŠ ุทูŽู„ูŽุจู ุงู„ู’ู…ููŠูŽุงู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูููŠ ุงู„ู’ุบูŽุงุฑูŽุงุชู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽุฌูŽุจู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู

Dinamakan Syaban sebab mereka berpencar-pencar mencari air atau di dalam gua-gua setelah bulan Rajab Al-Haram

Adapun kata Nishfu itu berarti setengah. Maka Nishfu Sya’ban adalah setengahnya bulan Sya’ban. Adapun malam Nishfu Sya’ban adalah malam dari setengahnya bulan Sya’ban. Kalau dirujuk kepada kalender Qamariyyah, maka malam Nishfu Sya’ban jatuh pada tanggal 14 Sya’ban. Pergantian tanggal yang meggunakan patokan rembulan adalah saat matahari terbenam atau malam tiba.

ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุนูŽุงููŽู‰ ุงู„ู’ุนูŽุงุจูุฏู ุจูุตูŽูŠู’ุฏูŽุงุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ู‚ูุชูŽูŠู’ุจูŽุฉูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูุŒ ู‚ูŽุงู„ููˆุง: ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู‡ูุดูŽุงู…ู ุจู’ู†ู ุฎูŽุงู„ูุฏู ุงู„ู’ุฃูŽุฒู’ุฑูŽู‚ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุฎูู„ูŽูŠู’ุฏู ุนูุชู’ุจูŽุฉู ุจู’ู†ู ุญูŽู…ูŽู‘ุงุฏูุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุนููŠูู‘ุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุซูŽูˆู’ุจูŽุงู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ูุŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูŽูƒู’ุญููˆู„ูุŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูŽุงู„ููƒู ุจู’ู†ู ูŠูุฎูŽุงู…ูุฑูŽ ุนูŽู†ู’ ู…ูุนูŽุงุฐู ุจู’ู†ู ุฌูŽุจูŽู„ูุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุทู’ู„ูุนู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูุฌูŽู…ููŠุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ู„ูู…ูุดู’ุฑููƒู ุฃูŽูˆู’ ู…ูุดูŽุงุญูู†ู

(Ibn Hibban berkata) Muhammad ibn al-Mu’afa seorang ahli ibadah di Shaida, Ibn Qutaibah, dan yang lainnya mengajarkan hadits kepada kami, mereka berkata: Hisyam ibn Khalid al-Azraq mengajarkan hadits kepada kami, ia berkata: Abu Khulaid ‘Utaibah ibn Hammad mengajarkan hadits kepada kami, dari al-Auza’i, dari Ibn Tsauban, dari bapaknya, dari Makhul, dari Malik ibn Yukhamir, dari Mu’adz ibn Jabal, dari Nabi saw, beliau bersabda: “Allah turun kepada makhluqnya pada malam pertengahan Sya’ban, lalu Dia mengampuni semua makhluqnya kecuali orang musyrik atau yang memusuhi.” (HR. Ibnu Hibban)

Jika menilik dari dimasukkan hadis ini dalam Shahih Ibnu Hibban, maka setidaknya menurut Ibnu Hibban (w. 354 H) hadis ini dianggap shahih. Sebagaimana pernyataan Ibnu Hibban (w. 354 H) bahwa beliau hanya menuliskan hadis yang shahih saja dalam kitabnya. Beliau menyebutkan:

ูˆุฅู†ูŠ ู„ู…ุง ุฑุฃูŠุช ุงู„ุฃุฎุจุงุฑ ุทุฑู‚ู‡ุง ูƒุซุฑุช ูˆู…ุนุฑูุฉ ุงู„ู†ุงุณ ุจุงู„ุตุญูŠุญ ู…ู†ู‡ุง ู‚ู„ุช… ูุชุฏุจุฑุช ุงู„ุตุญุงุญ ู„ุฃุณู‡ู„ ุญูุธู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุชุนู„ู…ูŠู†

Ketika saya melihat hadis-hadis itu banyak jalurnya, pengetahuan orang terhadap yang shahih itu sedikit… maka saya berencaran menuliskan yang shahih-shahih saja, agar mudah dihafalkan oleh para pembelajar.

Meski demikian, Syuaib al-Arnauth (w. 1438 H) mengkritik dalam tahqiq terhadap Shahih Ibnu Hibban bahwa hadis diatas sanadnya terputus. Makhul tidak bertemu Malik bin Yukhamir. Hanya saja, meski tidak tersambung sanadnya, hadisnya tetap dinilai shahih oleh Syuaib al-Arnauth dengan syawahidnya.

ุญุฏูŠุซ ุตุญูŠุญ ุจุดูˆุงู‡ุฏู‡ุŒ ุฑุฌุงู„ู‡ ุซู‚ุงุช ุฅู„ุง ุฃู† ููŠู‡ ุงู†ู‚ุทุงุนุงู‹ุŒ ู…ูƒุญูˆู„ ู„ู… ูŠู„ู‚ูŽ ู…ุงู„ูƒ ุจู† ูŠุฎุงู…ุฑ

Hadis shahih dengan syawahidnya, perawinya tsiqah, hanya saja ada terputusnya sanad, Makhul tidak bertemu Malik bin Yukhamir.

Secara sekilas, kita bisa baca pernyataan dari Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) tentang perbedaan pendapat tentang shahih tidaknya hadis-hadis fadhilah malam Nishfu Sya’ban. Beliau menyebutkan dalam kitabnya:

ูˆููŠ ูุถู„ ู„ูŠู„ุฉ ู†ุตู ุดุนุจุงู† ุฃุญุงุฏูŠุซ ุฃุฎุฑ ู…ุชุนุฏุฏุฉ ูˆู‚ุฏ ุงุฎุชู„ู ููŠู‡ุง ูุถุนูู‡ุง ุงู„ุฃูƒุซุฑูˆู† ูˆุตุญุญ ุงุจู† ุญุจุงู† ุจุนุถู‡ุง ูˆุฎุฑุฌู‡ ููŠ ุตุญูŠุญู‡

Terkait keutamaan malam nishfu Sya’ban, terdapat banyak hadis dan para ulama berbeda pendapat terkait shahih tidaknya. Kebanyakan mendhaifkan, tapi Ibnu Hibban menshahihkan sebagiannya dan menuliskannya dalam kitab Shahih Ibnu Hibban.

Artinya sejak dahulu sudah ada perbedaan pendapat terkait shahih tidaknya hadis keistimewaan malam nishfu Sya’ban.

Imam an-Nawawi (w. 676 H) menyebutkan bahwa kalangan ulama Syafi’iyyah mensunnahkan untuk menghidupkan malam nishfu Sya’ban, meskipun hadisnya dianggap dhaif. Sebagaimana sebutkan Imam an-Nawawi (w. 676 H) dalam kitabnya al-Majmu’

ูˆูŽุงุณู’ุชูŽุญูŽุจูŽู‘ ุงู„ุดูŽู‘ุงููุนููŠูู‘ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู’ุฅูุญู’ูŠูŽุงุกูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ูƒููˆุฑูŽ ู…ูŽุนูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซูŽ ุถูŽุนููŠููŒ ู„ูู…ูŽุง ุณูŽุจูŽู‚ูŽ ูููŠ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซูŽ ุงู„ู’ููŽุถูŽุงุฆูู„ู ูŠูุชูŽุณูŽุงู…ูŽุญู ูููŠู‡ูŽุง ูˆูŽูŠูุนู’ู…ูŽู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽูู’ู‚ู ุถูŽุนููŠููู‡ูŽุง

Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyyah mensunnahkan menghidupkan malam nishfu Sya’ban, meski hadisnya dianggap dhaif. Sebagaimana di awal kitab (al-Majmu’), bahwa hadis dhaif itu tak masalah diamalkan dalam fadhail amal.

Malam nishfu Sya’ban termasuk malam yang mulia dan ada keutamaan di dalamnya itu sudah cukup menjadi dalil untuk mengamalkan amalan-amalan mulia pada malam itu. Salah seorang tabiin bernama Atha’ bin Yasar (w. 103 H) menyebut bahwa malam nishfu Sya’ban itu malam yang utama setelah lailatul qadar. Beliau menyebutkan sebagaimana dinukil oleh Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) dalam kitabnya Lathaif al-Ma’arif

ุนู† ุนุทุงุก ุจู† ูŠุณุงุฑ ู‚ุงู„: ู…ุง ู…ู† ู„ูŠู„ุฉ ุจุนุฏ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู‚ุฏุฑ ุฃูุถู„ ู…ู† ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู†

Dari Atha’ bin Yasar berkata: Tidak ada satu malam setelah lailatul qadar yang lebih mulia daripada malam nishfu Sya’ban.

Maka, kita juga akan temukan amalan para salaf dalam rangka memuliakan malam nishfu Sya’ban ini. Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) dalam kitabnya Lathaif al-Ma’arif menceritakan bahwa dahulu para ulama salaf dari kalangan tabiin di Syam bersungguh-sungguh dalam ibadah pada malam nishfu Sya’ban. Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) menyebutkan:

ูˆู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ูƒุงู† ุงู„ุชุงุจุนูˆู† ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุดุงู… ูƒุฎุงู„ุฏ ุจู† ู…ุนุฏุงู† ูˆู…ูƒุญูˆู„ ูˆู„ู‚ู…ุงู† ุจู† ุนุงู…ุฑ ูˆุบูŠุฑู‡ู… ูŠุนุธู…ูˆู†ู‡ุง ูˆูŠุฌุชู‡ุฏูˆู† ููŠู‡ุง ููŠ ุงู„ุนุจุงุฏุฉ ูˆุนู†ู‡ู… ุฃุฎุฐ ุงู„ู†ุงุณ ูุถู„ู‡ุง

Pada malam nishfu Sya’ban, para tabiin dari Ahli Syam seperti Khalid bin Mi’dan, Makhul, Luqman bin Amir dan lainnya mereka sangat mengagungkan malam itu dan bersungguh-sungguh dalam ibadah. Dari merekalah orang-orang mengambil fadhilahnya.

Jadi beribadah dengan lebih giat pada malam nishfu Sya’ban ini menjadi kebiasaan dari ulama salaf dari kalangan tabiin, khususnya dari Syam. Selain Ahli Syam, menurut penuturan dari Muhammad bin Ishaq al-Fakihani (w. 272 H), dalam kitabnya Akhbar Makkah fi Qadim ad-Dahr wa Haditsihi; kabar-kabar tentang Makkah di masa lalu dan sekarang, ternyata menghidupkan malam nishfu Sya’ban juga menjadi kebiasaan penduduk Makkah. Setidaknya di masa al-Fakihani (w. 272 H). Beliau menyebutkan:

ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ู ู…ูŽูƒูŽู‘ุฉูŽ ูููŠู…ูŽุง ู…ูŽุถูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽุŒ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽุงู…ูŽู‘ุฉู ุงู„ุฑูู‘ุฌูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูุŒ ููŽุตูŽู„ูŽู‘ูˆู’ุงุŒ ูˆูŽุทูŽุงูููˆุงุŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ูŠูŽูˆู’ุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุงู„ุตูŽู‘ุจูŽุงุญูŽ ุจูุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ูุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุฎู’ุชูู…ููˆุง ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ูƒูู„ูŽู‘ู‡ูุŒ ูˆูŽูŠูุตูŽู„ูู‘ูˆุงุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู ุจูุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูุŒ ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุนูŽุดู’ุฑูŽ ู…ูŽุฑูŽู‘ุงุชูุŒ ูˆูŽุฃูŽุฎูŽุฐููˆุง ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุกู ุฒูŽู…ู’ุฒูŽู…ูŽ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽุฉูŽุŒ ููŽุดูŽุฑูุจููˆู‡ูุŒ ูˆูŽุงุบู’ุชูŽุณูŽู„ููˆุง ุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุฎูŽุจูŽู‘ุคููˆู‡ู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ู„ูู„ู’ู…ูŽุฑู’ุถูŽู‰ุŒ ูŠูŽุจู’ุชูŽุบููˆู†ูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉูŽ ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูุฑู’ูˆูŽู‰ ูููŠู‡ู ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ูƒูŽุซููŠุฑูŽุฉูŒ

Penduduk Makkah sejak dahulu sampai hari ini, jika malam Nishfu Syaโ€™ban hampir kebanyakan mereka, baik laki-laki maupun perempuan itu keluar rumah menuju masjid. Mereka shalat, thawaf, menghidupkan malam itu sampai pagi, dengan membaca Al-Qur’an di dalam Masjid al-Haram, sampai mereka mengkhatamkan Al Qur’an.

Mereka shalat malam itu, diantara mereka ada yang shalat 100 rakaat, membaca Surat al-Fatihah dan al-Ikhlas setiap rakaat sebanyak 10 kali. Mereka mengambil air zamzam malam itu, mereka meminumnya, mandi dengannya dan menyiramkan kepada orang yang sakit, mencari keberkahan malam itu. Banyak juga hadis diriwayatkan tentang malam itu.

Termasuk ulama salaf yang menghidupkan malam nishfu Sya’ban adalah al-Hafidz Ibnu Asakir (w. 571 H). Abdul Fattah Abu Ghuddah (1417 H), dalam kitabnya Qimat az-Zaman inda al-Ulama, menyebutkan bahwa Ibnu Asakir ini ulama yang banyak ibadahnya.

ูˆูƒุงู† ูƒุซูŠุฑ ุงู„ู†ูˆุงูู„ ูˆุงู„ุฃุฐูƒุงุฑุŒ ูˆูŠุญูŠู‰ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู – ู…ู† ุดุนุจุงู† – ูˆุงู„ุนูŠุฏูŠู† ุจุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุฐูƒุฑ

(Ibnu Asakir) itu banyak melakukan amalan sunnah dan dzikir, beliau menghidupkan malam nishfu Sya’ban dan malam id dengan shalat dan dzikir.

Ibnu al-Jauzi al-Hanbali (w. 597 H) termasuk ulama yang menganjurkan menghidupakan malam nishfu Sya’ban. Dalam kitabnya at-Tabshirah, beliau menyebutkan:

ุนูุจูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชูŽูƒูู…ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู†ุตูุŒ ุนุธูŠู…ุฉ ุงู„ู‚ุฏุฑ ูˆุนุฌูŠุจุฉ ุงู„ูˆุตูุŒ ูŠุทู„ุน ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูููŠู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูุŒ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ููƒูู„ูู‘ ู…ูŽุง ุฎูŽู„ุง ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูู†ูŽุงุฏู

Wahai para hamba Allah, sesungguhnya malam kalian ini (malam nishfu Sya’ban, itu mulia, hebat sifatnya, Allah nampak terhadap para hambaNya, untuk mengampuni mereka kecuali orang yang inkar terhadapNya.

Ahmad bin Abdurrahman al-Maqdisi (w. 689 H) merilisi 15 malam yang mulia, salah satunya adalah malam nishfu Sya’ban. Beliau menyebutkan:

ุฃู…ุง ุงู„ู„ูŠุงู„ูŠ ุงู„ู…ุฎุตูˆุตุงุช ุจู…ุฒูŠุฏ ุงู„ูุถู„ ุงู„ุชูŠ ูŠุณุชุญุจ ุฅุญูŠุงุคู‡ุงุŒ ูุฎู…ุณ ุนุดุฑุฉ ู„ูŠู„ุฉ ูˆู„ุง ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ู…ุฑูŠุฏ ุฃู† ูŠุบูู„ ุนู†ู‡ู†ุŒ ู„ุฃู†ู‡ ุฅุฐุง ุบูู„ ุงู„ุชุงุฌุฑ ุนู† ู…ูˆุณู… ุงู„ุฑุจุญ ูู…ุชู‰ ูŠุฑุจุญุŸ … ูˆู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู†

Malam-malam yang khusus ada keutamaan lebih dan disunnahkan untuk dihidupkan (dengan ibadah) ada 15, seharusnya orang yang menginginkan akhirat tidak melupakannya. Bagaimana mungkin seorang penjual yang lupa akan musim untung, bagaimana dia bisa untung?… (salah satunya) malam nishfu Sya’ban.

Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H) termasuk ulama hanbali yang menganjurkan menghidupkan malam nishfu Sya’ban. Dalam kitabnya Lathaif al-Maโ€™arif beliau menyebutkan:

ููŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ู…ุคู…ู† ุฃู† ูŠุชูุฑุบ ููŠ ุชู„ูƒ ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ู„ุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุฏุนุงุฆู‡ ุจุบูุฑุงู† ุงู„ุฐู†ูˆุจ ูˆุณุชุฑ ุงู„ุนูŠูˆุจ ูˆุชูุฑูŠุฌ ุงู„ูƒุฑูˆุจ ูˆุฃู† ูŠู‚ุฏู… ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุงู„ุชูˆุจุฉ ูุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูŠุชูˆุจ ููŠู‡ุง ุนู„ู‰ ู…ู† ูŠุชูˆุจ. ูู‚ู… ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุดุฑูŠู ู…ุตู„ูŠุง … ูุฃุดุฑู ู‡ุฐุง ุงู„ุดู‡ุฑ ู„ูŠู„ุฉ ู†ุตูู‡

Seorang mukmin baiknya meluangkan waktu malam itu untuk dzikir kepada Allah, berdoa, meminta ampunan dari dosa, ditutup semua cela, dan dibuka semua jalan lapang. Hal itu dimulai dengan taubat, karena Allah menerima taubatnya orang yang bertaubat di malam itu. Berdirilah shalat pada malam nishfu Syaโ€™ban yang mulia… karena malam paling mulai pada bulan ini (Syaโ€™ban) adalah tengahnya.

Bagikan artikel ini ke :