Kapan Masa Hidup Nabi Idris ?

Nabi Idris adalah seorang nabi yang Allah puji akan sifat pembenaran yang sempurna, mempunyai ilmu yang sempurna, keyakinan yang kokoh, dan banyaknya amal shaleh. Allah juga mengangkat namanya ke seluruh penjuru alam, serta Allah angkat kedudukannya di antara makhluk yang dekat dengan-Nya. Demikianlah komentar Syaikh As-Sadi dalam menafsirkan Surat Maryam: 56-57.

Dalam Alquran dan sunah tidaklah terlalu panjang lebar cerita akan Nabi Idris. Dalam Alquran hanya tiga ayat yang menyebut langsung tentangnya. Di antaranya,

ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑู’ ูููŠ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฅูุฏู’ุฑููŠุณูŽ ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุตูุฏูู‘ูŠู‚ู‹ุง ู†ูŽู‘ุจููŠู‹ู‘ุง. ูˆูŽุฑูŽููŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู ู…ูŽูƒูŽุงู†ู‹ุง ุนูŽู„ููŠู‹ู‘ุง

Dan ingatlah apa di dalam al-Kitab tentang Nabi Idris. Dia adalah seorang sangat pembenar, lagi seorang Nabi. Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi. (QS. Maryam: 56-57)

Mujahid menjelaskan tentang ayat tersebut bahwa Nabi Idris diangkat ke langit dalam keadaan tidak mati seperti Nabi Isa (Tafsir Ath-Thabari, 72:16). Ada riwayat lain yang menjelaskan bahwa dia diangkat malaikat ke langit, kemudian datanglah malaikat maut mencabut nyawanya di sana, Nabi Idris bertemu Rasulullah di langit yang keempat saat peristiwa miraj. Hal ini menunjukkan bahwa Allah menempatkan kedudukannya pada derajat yang tinggi di antara para nabi lainnya. Firman Allah dalam ayat yang lain,

ูˆูŽุฅูุณู’ู…ูŽุงุนููŠู„ูŽ ูˆูŽุฅูุฏู’ุฑููŠุณูŽ ูˆูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ูƒููู’ู„ู ูƒูŽู„ูŒู‘ ู…ูู‘ู†ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงุจูุฑููŠู†ูŽ

Dan Nabi Ismail, Nabi Idris, Nabi Dzulkifli, mereka termasuk orang-orang yang sabar. (QS. Al-Anbiya: 85)

Demikian juga, Rasulullah menyebutkan dalam hadis sesuatu yang mengisyaratkan tentang sifat Nabi Idris. Beliau bersabda: Adalah seorang nabi dari para nabi yang menggaris nasib, maka barang siapa yang mampu melakukannya (dengan bekal ilmu yang pasti dan mencocoki), maka hal itu boleh baginya. (HR. Muslim)

Sebagian ahli ilmu mengatakan bahwa nabi yang dimaksud (dalam hadis di atas) adalah Nabi Idris. Imam Nawawi menjelaskan tentang hadis ini, “Maksud yang sesungguhnya menggaris nasib itu hukumnya haram, dikarenakan hal itu tidaklah dilakukan kecuali dengan syarat harus dengan ilmu yang pasti dan mencocoki, dan tidak ada bagi kita. Adapun Rasulullah tidak menyebutkan hukumnya, supaya tidak salah tafsir bahwa apa yang dilakukan nabi tersebut haram, karena memang nabi tersebut punya ilmunya sehingga boleh melakukannya. Adapun kita tidak punya ilmu tentangnya.” (Syarh Muslim, 5:21)

Kapan Masa Hidup Nabi Idris ?

Terjadi perbedaan yang mendasar tentang riwayat Nabi Idris, apakah dia seorang nabi yang hidup sebelum Nabi Nuh ataukah sesudahnya? Ahli sejarah seperti Ibnu Katsir, Ath-Thabari, Ibnu Ishaq, Ibnu Jarir, Asy-Syaukani, As-Suyuthi, dan lainnya menjelaskan bahwa Nabi Idris hidup sebelum Nabi Nuh. Alasan mereka: Ditinjau dari nasab bahwa Nabi Idris itu nama aslinya adalah Khonukh yang termasuk nenek moyang nabi Nuh.

Nabi yang Digelari Asadul Usud

ุฃููˆู’ู„ูŽุฆููƒูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ุนูŽู…ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู… ู…ูู‘ู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ูŠู†ูŽ ู…ูู† ุฐูุฑูู‘ูŠูŽู‘ุฉู ุกูŽุงุฏูŽู…ูŽ ูˆูŽู…ูู…ูŽู‘ู†ู’ ุญูŽู…ูŽู„ู’ู†ูŽุง ู…ูŽุนูŽ ู†ููˆุญู ูˆูŽู…ูู† ุฐูุฑูู‘ูŠูŽู‘ุฉู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ูˆูŽุฅูุณู’ุฑูŽุงุกููŠู„ูŽ ูˆูŽู…ูู…ูŽู‘ู†ู’ ู‡ูŽุฏูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุงุฌู’ุชูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุชูุชู’ู„ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุกูŽุงูŠูŽุงุชู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู€ู†ู ุฎูŽุฑูู‘ูˆุง ุณูุฌูŽู‘ุฏู‹ุง ูˆูŽุจููƒููŠู‹ู‘ุง

Mereka itulah adalah orang-orang yang Allah telah beri nikmat, yaitu kalangan para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami angkat bersama Nuh dari keturunan Ibrohim dan Israil, dan dari orang-orang yang Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyangka dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam: 58)

Makna (ู…ู† ุฐุฑูŠุฉ ุขุฏู…) adalah nabi Idris. Sebab dalam ayat itu diurutkan tentang silsilah keturunannya. Dan Nabi Idris termasuk keturunan Nabi Adam yang tidak bersama Nabi Nuh dalam perahu. Berarti Nabi Idris urutannya sebelum Nabi Nuh.

Imam an-Nawawi berkata, “Perkataan Nabi Idris (ู…ุฑุญุจุง ุจุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ุตุงู„ุญ ูˆุงู„ุฃุฎ ุงู„ุตุงู„ุญ) ) tidak menghalangi bahwa keberadaan Nabi Idris sebagai bapak nabi kita yakni Muhammad, sebab perkataan ‘saudara yang shaleh’ mengandung pengertian bahwa itu sebagai bahasa lembut dan beradab, di mana memakai lafaz saudara sekalipun ia anak laki-lakinya karena para nabi semuanya bersaudara, demikian juga orang-orang mukmin semuanya bersaudara.” (Syarh Muslim, 2:220).

Adapun ulama yang lain, seperti Al-Qurthubi dan lainnya menyatakan bahwa Nabi Idris itu hidup sesudah Nabi Nuh. Mereka beralasan perkataan manusia kepada Nabi Nuh di saat meminta syafaat: “Wahai Nuhโ€ฆ! Engkau adalah rasul pertama yang Allah utus untuk penduduk bumi.” Di sini telah jelas bahwa tidak ada rasul sebelum Nabi Nuh. Jadi kalau Nabi Idris termasuk rasul maka tidak mungkin dia hidup sebelum Nabi Nuh.

Photo by Rumman Amin on Unsplash

Tafsir QS. An-Nisa: 163. Di sini para nabi diurutkan sesudah Nabi Nuh, termasuk di antaranya Nabi Idris, berarti masanya setelah Nabi Nuh. Ucapan Imam Al-Bukhari dalam Shahih-nya bahwa Nabi Idris adalah Nabi Ilyas. Dan telah jelas diketahui bahwa Nabi Ilyas hidupnya setelah Nabi Nuh.

Perkataan Nabi Idris sendiri ketika bertemu Rasulullah di langit keempat (dalam peristiwa miraj) (ู…ุฑุญุจุง ุจุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ุตุงู„ุญ ูˆุงู„ุฃุฎ ุงู„ุตุงู„ุญ) (“Selamat datang wahai Nabi yang shaleh dan saudara yang shaleh!”). kalau Nabi Idris hidup sebelum Nabi Nuh. Tentu ia akan mengatakan: (ู…ุฑุญุจุง ุจุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ุตุงู„ุญ ูˆุงู„ุฃุฎ ุงู„ุตุงู„ุญ) (“Selamat datang wahai Nabi yang shaleh dan anak yang shaleh!”) sebagaimana ucapan Nabi Adam dan Nabi Ibrahim.

Ada lagi pendapat yang tidak memihak, di antaranya adalah Ibnu Hajar berkata, “Pengertian bahwa Nabi Nuh sebagai rasul yang pertama itu berkaitan dengan penduduk bumi. Sebab di zaman Nabi Adam tidak ada penghuni di bumi ini melainkan keluarganya saja, jadi kerasulan Nabi Adam ibarat pendidikan untuk anak-anaknya. Juga mengandung pengertian bahwa kerasulan Nabi Nuh itu untuk anak-anaknya dan selainnya yang sudah menyebar di beberapa daerah. Adapun Nabi Adam, kerasulannya hanya terbatas pada anaknya dan mereka dalam satu daerah saja. Adapun tentang Nabi Idris terjadi masalah, karena keberadaannya sebelum atau sesudah Nabi Nuh diperselisihkan.” (Fathul Bari, 6:418)

Al-Qadhi Iyadh berkata, “Bila Nabi Idris itu adalah Nabi Ilyas dari Bani Israil maka berarti ia hidup sesudah Nabi Nuh, sehingga benarlah bahwa Nabi Nuh adalah seorang nabi dan rasul yang pertama dan Nabi Idris pun juga seorang nabi dan rasul. Adapun Nabi Adam dan anaknya Syits, sekalipun juga seorang rasul, tetapi hanya terbatas pada anak-anaknya dan keluarganya; mengingat saat itu belum ada orang kafir. Keduanya mengajarkan iman dan taat kepada Allah . Lain lagi dengan Nabi Nuh, ia diutus kepada orang-orang kafir yang sudah mulai ada di bumi. Dan inilah barangkali pedanpat yang lebih dekat bahwa Nabi Adam dan Idris keduanya bukanlah seorang rasul melainkan keduanya nabi.” (Syarh Muslim oleh Imam an-Nawawi, 3:55)

Bagikan artikel ini ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *