Ingin Dapat Pahala Terus mengalir? Bersedekahlah

Dibaca normal 4 menit

Sedekah merupakan anjuran ibadah bagi umat muslim yang memiliki kelebihan harta. Sedekah adalah memberikan sesuatu yang bersifat kebaikan, baik berupa barang maupun jasa kepada orang lain tanpa mengharapkan sesuatu imbalan apapun melainkan ridha Allah. Sedekah memiliki arti suatu pemberian yang diberikan oleh orang muslim pada orang lain. Sedekah berasal dari kata Shadaqa yang artinya benar. Makna sedekah secara bahasa adalah membenarkan sesuatu.

Rasulullah bersabda “jika anak adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalanya, kecuali tiga perkara yaitu shodaqoh jariah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang selalu mendoakan“. (HR. Muslim).

Sedekah sendiri merupakan amalan yang sangat terpuji, karena dengan bersedekah kita dapat membantu orang lain yang kesulitan. Oleh karena itu Allah sangat menganjurkan pada umat muslim untuk senantiasa menyisihkan sebagian hartanya untuk di sedekahkan.

لَّا خَيۡرَ فِى كَثِيرٍ مِّن نَّجۡوَىٰهُمۡ إِلَّا مَنۡ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوۡ مَعۡرُوفٍ أَوۡ إِصۡلَٰحٍ بَيۡنَ ٱلنَّاسِ ۚ وَمَن يَفۡعَلۡ ذَٰلِكَ ٱبۡتِغَآءَ مَرۡضَاتِ ٱللَّهِ فَسَوۡفَ نُؤۡتِيهِ أَجۡرًا عَظِيمًا

Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.

Dalam ayat itu dijelaskan bahwa sedekah adalah salah satu bentuk rasa syukur seorang hamba terhadap Allah atas nikmat yang diberikan oleh-Nya. Bersedekah merupakan cara yang paling tepat bagi seorang hamba untuk terus bersyukur atas nikmat-Nya.

Sedekah sendiri jika ditunaikan dari sebagian harta yang baik, akan mendidik seseorang menjadi pribadi yang rendah hati dan selalu bersyukur atas semua pemberian-Nya. Dengan bersedekah kita juga dapat mengoptimalkan keberadaan harta benda, dapat menghindarkan hidup berfoya-foya dan juga boros. Orang yang sering mengeluarkan sedekah akan didoakan oleh mereka yang menerima sedekahnya.

Menurut Imam At-Thobroni dalam kitabnya yang berjudul Mukjizat sedekah, orang yang gemar bersedekah adalah mereka yang memahami kehidupan dalam hidupnya. Mereka lebih memahami arti dari kehidupan yang sebenarnya. Menurut ahli fiqih sedekah dapat juga diartikan sebagai Shodaqoh At-tatawatu yang maksudnya berbeda dengan zakat, sedekah lebih utama jika diberikan secara diam diam dari pada diberikan secara terang-terangan

إِن تُبۡدُواْ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخۡفُوهَا وَتُؤۡتُوهَا ٱلۡفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيۡرٌ لَّكُمۡ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمۡ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Mengapa Para Pembesar Malaikat Semisal Jibril, Mikail, Isyrafil, Izrail, Rafail/Rafayil/Rafael.. Semuanya Berimbuhan "..il/iel"?

Selain itu dengan bersedekah kita juga bisa mengambil manfaatnya, adapun manfaat dari bersedekah yang pertama yaitu untuk menyempurnakan iman dan islam. Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil’ alamin).

Karena itu, islam bukan hanya mengajarkan bagaimana seorang muslim itu behubungan dengan tuhannya, akan tetapi islam juga mengajarkan bagaimana seorang muslim itu berhubungan baik dengan keluarga, tetangga dan juga masyarakat. Rasa empati dalam islam diwujudkan dengan tindakan-tindakan yang nyata (seperti sedekah) bukan hanya sekedar pengakuan.

Manfaat sedekah yang lainnya membuat kita berprasangka baik pada Allah. Orang yang mau mengeluarkan sebagian rezeki untuk disedekahkan pada orang lain berarti dalam dirinya ada rasa berbaik sangka pada Allah. Ada keyakinan di dalam dirinya bahwa Allah akan mengganti sedekah yang dikeluarkannya dengan sesuatu yang lebih baik. Berbeda dengan orang pelit yang menganggap pintu rezeki itu hanya kerja keras dan kikir terhadap orang lain. Mereka tidak yakin jika mereka mengeluarkan sedekah niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Terciptanya Manusia Pertama

Manfaat yang ketiga yaitu memperoleh cinta Allah dan cinta sesama manusia. Salah satu langkah supaya kita mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah adalah dengan cara mengasihi sesama manusia. Yaitu dengan bersedekah, [erbuatan itulah yang bisa menjadikan sebab seseorang dicintai Allah. Rasulullah bersabda “tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati orang yang lebih tua dari kami dan tidak menyanyangi orang yang lebih muda daripada kami“.

Manfaat yang terakhir yaitu mensucikan jiwa. Cinta dunia adalah kotoran yang menempel dalam jiwa manusia. Salah satu bentuk cinta dunia adalah mencintai harta yang berlebihan, sifat bakhil adalah kotoran yang menodai jiwa dan kotoran itu harus disucikan. Cara mensucikan dengan menanamkan sifat pemurah dengan cara senang bersedekah, jika hati dan jiawa sudah bersih maka akan mendapatkan kelapangan dan kemudahan untuk beribadah pada Allah.

Secara lahir orang yang menerima sedekah akan dicukupkan kebutuhannya dan diringankan beban kesulitan hidupnya. Dalam hadist lain juga disebutkan tentang amalan jariyah yang pahalanya tak terputus, meski yang melakukannya sudah tiada.

“Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar-luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

Adapun bentuk-bentuk sedekah yang bisa serinag kita jumpai saat ini ialah waqaf pembangunan Masjid. Membangun masjid pahalanya sangat besar. Masjid adalah tempat ibadah dan aktivitas kebaikan bagi umat muslim diseluruh menjuru dunia. Oleh karena itu, setiap kebaikan yang dilakukan dengan adanya masjid akan dicatat sebagai amalan yang terus akan mengalir walaupun seseorang itu telah meninggal.

Yang kedua yaitu sedekah penggalian sumur. Dahulu kala, rakyat Madinah pernah mengalami masa kekeringan yang parah. Di saat yang lain kesulitan air, ada satu sumur milik seorang Yahudi yang masih memancarkan air. Rasulullah pun bersabda:

Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala.” (HR. Muslim).

Seruan Rasulullah pun langsung disambut dengan semangat oleh sahabat nabi, Utsman bin Affan yang dikenal kaya raya. Ia pun membeli sumur Raumah milik orang Yahudi tersebut, setelah negosiasi yang panjang. Sumur itu pun dibeli dengan harga yang sangat tinggi. Hingga saat ini kebermanfaatan sumur tersebut terus berlanjut dengan berubahnya sumur Raumah menjadi hotel bintang lima, Hotel Utsman bin Affan.

Sedekah semacam ini juga sama halnya dengan sedekah untuk kepentingan fasilitas umum, misal sedekah pohon, sedekah pembangunan jembatan, dll.